PENGOBATAN SIFILIS YANG KAMBUHAN

PENGOBATAN SIFILIS YANG KAMBUHAN

PENGOBATAN SIFILIS YANG KAMBUHAN

PENGOBATAN SIFILIS YANG KAMBUHAN

Pengertian Sipilis atau raja singa adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema pallidum. sipilis adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS). Penyebaran infeksi ini paling umum adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Selain melalui hubungan intim, bakteri penyebab sipilis juga bisa menyebar melalui pajanan cairan tubuh penderitanya misalnya melalui darah.

Pada umumnya kontak langsung terjadi melalui hubungan seksual. Hubungan seksual ini bisa berbentuk seks vagina, anal, maupun oral. Selain itu, berbagi jarum juga bisa menularkan infeksi penyakit ini, baik pada pengguna narkoba suntik maupun pada penyuka seni merajah tubuh misalnya tato dan menindik telinga.

Penularan sipilis bisa juga terjadi dari wanita yang hamil kepada bayi yang dikandungnya. Kondisi ini dikenal sebagai kongenital sipilis. Kematian bayi di dalam kandungan bisa terjadi karena infeksi ini.
Bakteri ini tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. Infeksi penyakit ini tidak dapat ditularkan dengan cara-cara di bawah ini:
  • Memakai toilet yang sama.
  • Berbagi peralatan makan yang sama.
  • Memegang gagang pintu yang sama.
  • Berbagi kolam renang atau pun kamar mandi yang sama.
Salah satu cara mengobati sifilis adalah mengobati kedua orang (pasangan) tersebut. Pastikan Anda dan pasangan Anda bebas dari sifilis. Selain itu penularan sifilis akibat hubungan seksual yang beresiko (multipartner, dll) musti dihindari. Untuk berhubungan seksual dengan pasangan sah sendiri juga harus dihindari selama pengobatan sifilis. Luka dan benjolan pada penis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, di antaranya yaitu :
  • Herpes genital
  • Cedera pada penis (misalnya karena masturbasi atau hubungan seksual)
  • Luka paska sifilis
  • Uretritis (infeksi pada saluran uretra (tempat keluar kencing)
  • Kanker penis

Perlu pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda. Penanganannya nantinya disesuaikan dengan penyebab penyakit sifilis yang ditemukan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk pencegahan sifilis sementara hindari dulu berhubungan seksual sampai penyebab keluhannya teratasi. Ingat juga untuk mengajak pasangan Anda ke dokter guna mencek apakah mengalami penyakit yang serupa atau tidak. Semoga bermanfaat.

Sumber : www.alodokter.com

dr. Muhammad Fadhil

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan