Resiko Penularan HIV Pada Penderita Kutil Kelamin

Resiko Penularan HIV Pada Penderita Kutil KelaminKutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang utamanya disebabkan oleh infeksi HPV atau human papillomavirus. Sedangkan HIV atau human immunodeficiency virus adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia sehingga menimbulkan sekumpulan gejala dan tanda yang disebut dengan AIDS (acquired immune deficiency syndrome). 

Oleh karena itu, penyebab kutil kelamin dan HIV adalah dua virus yang berbeda. Kemungkinan maksud dari pernyataan yang Anda kutip di atas adalah : “seorang pengidap kutil kelamin memiliki risiko terjadi infeksi HIV lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap kutil kelamin. Hal ini disebabkan karena penularan kutil kelamin utamanya terjadi melalui kontak kulit dengan kulit saat melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang telah terjangkit virus ini atau dengan orang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak jelas. Cara penularan ini serupa dengan salah satu rute penularan HIV.

Bagi orang tidak pernah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, tidak pernah berganti pasangan atau berhubungan dengan orang yang riwayat seksualnya tidak jelas, tentu kemungkinan mengalami HIV lebih kecil. Kutil kelamin dan HIV bukanlah satu kelanjutan penyakit, sehingga belum tentu orang yang mengalami kutil kelamin selanjutnya akan terinfeksi HIV, meskipun potensi ini lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengalami kutil kelamin.

Sumber : www.alodokter.com

Tag:, , , ,

Tinggalkan Balasan