Pengobatan Gonore

Dokter biasanya akan memberikan antibiotik jangka pendek untuk mengobati gonore. Jika Anda mengalami salah satu kondisi seperti di bawah ini, sebaiknya segera lakukan pengobatan.

  • Ada kemungkinan besar terkena gonore, walau hasil pemeriksaan belum keluar.
  • Pasangan Anda diketahui menderita gonore.
  • Pemeriksaan menunjukkan Anda menderita gonore.

Sangat penting untuk memeriksakan dan mengobati pasangan seksual Anda karena gonore bisa ditularkan dengan mudah melalui hubungan seksual. Jika salah satu pasangan mengidap gonore, kemungkinan pasangan yang satunya juga tertular gonore.

Bagi wanita hamil dan menyusui, pengobatan gonore bisa menggunakan antibiotik karena antibiotik tidak berdampak buruk bagi bayi yang dikandung. Biasanya antibiotik juga akan segera diberikan setelah bayi dilahirkan, yaitu bayi-bayi yang memiliki gejala terinfeksi gonore atau yang memiliki risiko tinggi terinfeksi karena ibunya menderita gonore.

Pengobatan gonore yang paling sering dilakukan adalah dengan satu suntikan antibiotik, yang biasanya di paha atau bokong, diikuti dengan satu tablet antibiotik. Jika Anda tidak ingin disuntik, bisa dimungkinkan untuk menggantinya dengan tablet antibiotik lagi.

Biasanya gejala gonore akan mereda beberapa hari setelah pengobatan, tapi untuk rasa sakit di testis atau tulang panggul bisa memerlukan waktu dua pekan untuk hilang sepenuhnya, begitu juga dengan pendarahan berlebihan saat menstruasi akan membaik pada siklus menstruasi berikutnya.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda tidak diperbolehkan berhubungan seks hingga perawatan benar-benar tuntas.

Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan dua pekan setelah pengobatan pertama untuk melihat apakah infeksi tersebut telah hilang sepenuhnya.

Pengobatan gonore yang telah berhasil sebelumnya tidak membuat Anda kebal terhadap penyakit gonore. Anda masih bisa terinfeksi kembali jika melakukan seks yang tidak aman.

Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter. Jika Anda tidak mengikuti dosis yang dianjurkan, infeksi gonore mungkin tidak akan sembuh. Segera temui dokter jika setelah pengobatan, gejala tidak kunjung membaik.

Sumber : www.alodokter.com

Komplikasi Gonore

Tag:, , , , , , , , ,