Pengobatan Disentri

Disentri biasanya sembuh setelah beberapa hari dan biasanya tidak membutuhkan perawatan medis, tetapi banyak minum air putih sangat penting untuk menggantikan cairan yang terbuang selama diare agar mencegah dehidrasi. Diare bisa ditangani dengan banyak minum air putih, oralit, dan makan saat Anda merasa tidak mual.

Banyak Minum Cairan

Pencegahan dehidrasi pada bayi dan anak-anak sangatlah penting. Anda dianjurkan memberi anak Anda minum air putih sedikit demi sedikit dan sesering mungkin walau mereka muntah. Sedikit minum lebih baik daripada tidak sama sekali. Hindari memberi jus buah atau minuman bersoda pada anak Anda karena bisa memperparah diare.

Waspadailah gejala-gejala dehidrasi pada anak seperti berikut:

  • Kulit menjadi pucat atau berbintik
  • Kondisi tubuh semakin lemah
  • Rewel
  • Gampang mengantuk
  • Semakin jarang buang air kecil
  • Tangan dan kaki menjadi dingin

Jika anak Anda telah mengalami muntah-muntah yang parah atau diare sebanyak enam kali atau lebih dalam 24 jam terakhir, segera periksakanlah ke dokter. Ini karena diare dan muntah-muntah yang parah dapat menyebabkan dehidrasi yang kemudian bisa berakibat fatal.

Sama halnya dengan anak-anak, orang dewasa sebaiknya banyak minum agar cairan yang terbuang dapat digantikan dan terhindar dari dehidrasi. Minumlah beberapa teguk air sesering mungkin.

Dalam kasus diare yang parah, cairan perlu diberikan melalui infus di rumah sakit.

Oralit

Penggunaan oralit dianjurkan jika:

  • Penderita rentan terhadap dehidrasi, misalnya karena berusia 60 tahun ke atas.
  • Penderita anak-anak yang sudah atau berisiko mengalami dehidrasi.

Oralit biasanya bisa dibeli per bungkus tanpa resep dokter dan penggunaannya harus dilarutkan dengan air sebelum diminum. Oralit dapat bermanfaat untuk menggantikan garam, glukosa, dan mineral penting lainnya yang hilang dari tubuh karena dehidrasi.

Oralit bukan untuk menyembuhkan diare, tapi dapat membantu mengobati atau mencegah dehidrasi. Hindari penggunaan larutan garam atau gula buatan sendiri.

Konsumsi makanan padat

Sebagian besar pakar kesehatan berpendapat bahwa Anda sebaiknya mengonsumsi makanan padat secepatnya. Konsumsilah makanan ringan dengan porsi kecil dan hindari makanan berlemak, pedas, dan berat.

Tidak bisa makan memang tidak akan membahayakan Anda, tapi Anda harus banyak minum dan segera makan saat Anda tidak mual lagi.

Pemberian makanan padat pada anak yang mengalami dehidrasi sebaiknya dihindari sampai mereka sudah cukup minum. Saat gejala dehidrasi sudah berkurang, misalnya mereka tidak rewel lagi atau lebih sering buang air kecil, anak Anda boleh mulai mengonsumsi makanan seperti biasa.

Jika anak Anda tidak mengalami dehidrasi, Anda sebaiknya memberi makanan biasa untuk mereka. Jika mereka tidak mau makan, terus beri minum sampai nafsu makan mereka kembali.

Antibiotik dari Dokter Untuk Disentri Basiler
Penderita diare tingkat menengah sampai tingkat parah yang disebabkan bakteri shigella biasanya dianjurkan untuk meminum antibiotik guna mempercepat masa kesembuhan.

Mengenai rekomendasi jenis antibiotik yang tepat, termasuk ciprofloxacin, cenderung tergantung pada daya tahan kuman terhadap antibiotik. Kuatnya daya tahan kuman terhadap antibiotik berarti obat tidak mampu lagi membunuh bakteri yang seharusnya bisa dimusnahkan.

Dokter tidak memberikan antibiotik untuk disentri ringan karena penggunaan antibiotik yang berlebihan untuk mengobati penyakit ringan umumnya akan menurunkan keefektifannya saat digunakan untuk kondisi serius atau yang bisa membahayakan jiwa di masa yang akan datang.

Langkah Pengobatan Untuk Disentri Amoeba
Penderita disentri amoeba akan diberi antibiotik bernama metronidazol. Dokter akan menjelaskan berapa lama Anda harus meminumnya (biasanya sekitar lima hari). Antibiotik lain yang mungkin diberikan dokter adalah tinidazol.

Setelah selesai meminum antibiotik, Anda seharusnya diberi diloxanide (obat pemusnah kista amoeba yang memiliki daya tahan lebih tinggi). Anda dianjurkan meminum diloxanide selama 10 hari.

Sumber : www.alodokter.com

Pencegahan Disentri

Tag:, , , , , , , , ,