Pencegahan Batu Empedu

Mengubah pola makan dan menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami obesitas dapat membantu Pencegahan Batu Empedu.

Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Karena itu, kita sebaiknya menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang serta menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolestrerol tinggi. Contohnya:

  • Makanan bersantan seperti rendang, kolak, serta ketupat sayur.
  • Makanan berminyak seperti gorengan.
  • Makanan yang terbuat dari kacang-kacangan seperti sambal kacang atau kuah sate.
  • Kue dan camilan keripik.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras juga dapat mempertinggi risiko Anda, jadi sebaiknya jangan berlebihan. Batas konsumsi per hari yang direkomendasikan adalah 2-2,5 kaleng bir untuk pria dan maksimal 2 kaleng bir untuk wanita. Sekaleng bir biasanya berkadar alkohol sebanyak 4,7 persen.

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan komplikasi batu empedu. Karena itu, menjaga berat badan yang sehat sangatlah penting.

Anda disarankan untuk menghindari diet ketat yang menuntut untuk mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak saja. Penurunan berat badan secara drastis dalam waktu singkat juga dapat mempertinggi risiko terbentuknya batu empedu.

Sumber : www.alodokter.com

Artikel Terkait : Pengertian Batu Empedu

Tag:, , , , , ,