BEBERAPA FAKTA PENTING MENGENAI PENYAKIT WASIR

BEBERAPA FAKTA PENTING MENGENAI PENYAKIT WASIR

Jika merunut dari nama penyakit ini dalam ilmu kesehatan, anal fissures maka diketahui bahwa biasanya penyakit ini akan ditemukan dalam kulit daerah posterior. Pertumbuhan wasir ini terkadang bisa sangat kecil atau sangat banyak seperti potongan kertas, selain itu juga sangat rentan terhadap clustering, perdarahan dan nyeri. Selain itu penyakit ini biasanya juga muncul dalam korelasi dengan baik antara tumpukan eksternal atau internal yang menonjol. Kondisi seperti ini tentu saja bisa membuat penderita menjadi stres dan terasa menyakitkan. Keadaan usus yang tegang karena tumpukan ini juga dapat menyebabkan laserasi lebih dalam, dan fisura anus berikutnya dari wasir dapat menimbulkan gejala pendarahan anus dan nyeri secara periodik yang parah.

Terkadang penyakit wasir ini memang dapat sembuh secara spontan, terutama jika penyakait ini masih tergolong ringan. Namun, bagi penderita kronis, penyakit ini akan lebih susah untuk disembuhkan.

Tindakan yang lebih baik dari pengobatan adalah pencegahan, dan ini adalah hal yang harus dilakukan pertama kali supaya penderita tidak perlu melakukan pengobatan jika penyakitnya ini semakin bertambah parah. Kenapa bisa terjadi ketegangan pada usus penderita, hal ini dikarenakan adanya tumpukan, dari hal itulah maka biasanya dokter akan merekomendasikan penderita untuk mengganti konsumsi daging dan makanan yang kaya susu dengan yang kaya serat. Contoh makanan berserat ini adalah sayuran berdaun, buah-buahan. Wanita lebih rentan untuk terkena penyakit ini, khususnya wanita yang sedang hamil atau sedang menjalani masa menstrusi. Wanita yang seperti dianjurkan untuk mengkonsumsi 50 gram serat per hari. Selain itu, penderita juga dapat dibantu dengan suplemen serat, karen suplemen ini memang terbukti dapat menyembuhkan penderita. Selain itu penderita juga dianjurkan untuk minum banyak air karena dapat melunakkan feses dan membantu menghilangkan stres yang dibawa oleh ketegangan usus. Namun, dokter tidak merekomendasikan penggunaan obat pencahar sebagai sarana untuk meredakan ketegangan usus. Obat pencahar ini hanya dapat menyebabkan efek samping karena biasanya menggunakan dosis yang tinggi untuk setiap penerapanya.

Tindakan pencegahan wasir lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan tetap menjaga anus untuk selalu kering sepanjang waktu dan biasakan selalu hidup higienis khususnya dalam penggunaan toilet dan kamar mandi.

Tag:, , , ,