Artikel CARA MENGOBATI WASIR

Artikel CARA MENGOBATI WASIR

Sebelum tahu bagaimana cara mengobati penyakit wasir, ada baiknya jika kita terlebih dahulu tahu bahwa pada dasarnya penyakit ini berhubungan dengan gangguan pada pembuluh darah, dengan ciri berupa pembengkakkan dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman setelah penderita buang air besar. Jika penyakit ini masih tergolong ringan, mungkin saja bukan merupakan masalah besar bagi sebagian penderita. Selain itu gejala lain yang dapat terlihat adalah pembuluh darah pada bagian bokong mengalami pembengkakan. Dengan mengetahui penjelasan dasar tentang penyakit ini maka diharapkan kita dapat melakukan pengobatan yang sempurna. Ada beberapa cara pengobatan sederhana untuk menyembuhkan penyakit ini, yang diantaranya adalah :

  • Mengkompres dengan air es.

Es adalah cara terbaik untuk mengurangi pembengkakan, dan meredakan wasir yang berdenyut. Cara mengobati wasir ini dengan es batu adalah dengan meletakkan di dalam kantung plastik. Setelah itu tutup dengan handuk pada wilayah yang teriritasi. Biarkan keadaan ini dalam waktu sekitar 15 menit, dan kemudian melepaskan kantung plastik sekitar 15 menit. Terus bergantian sampai penderita mulai merasa gejala mulai mereda.

  • Mandi air hangat

Selain itu, air hangat juga menawarkan efek penyembuhan ketika seseorang ingin mengobati penyakit wasir dan meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh wasir meradang. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan beberapa garam Epsom ke air karena kemampuannya untuk menenangkan sakit otot dan mengurangi ketidaknyamanan.

  • Jangan tegang atau mengejan terlalu maksimal.

Usahakan untuk menghindari mengejan terlalu berlebihan karena dengan begitu juga dapat menghindari gerakan usus, dan mendorong wasir. Selain itu perlu juga diketahui bahwa biasanya mengejan dikarenakan dalam tubuh penderita tidak memiliki cukup serat hingga menyebabkan sembelit. Jika Anda memiliki kotoran yang kering, kotoran keras, kemungkinan hal ini juga akan memperparah wasir dan menyebabkan mereka membengkak dan menonjol. Jadi cobalah untuk mencegah konstipasi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar serta minum banyak air untuk membantu melicinkan tinja.

Tag:, , , ,